Bangkitkan Suasana yang Hidup dan Ceria dengan Warna

Rabu, 17 Oktober 2018 - 12:39 WIB
Bangkitkan Suasana yang Hidup dan Ceria dengan Warna
Bangkitkan Suasana yang Hidup dan Ceria dengan Warna
A A A
INGIN suasana yang berbeda di dalam rumah? Ubah saja cat dindingnya. Bila merasa kesulitan memilih warna yang tepat untuk dinding, ada baiknya ikuti panduan memilih warna berikut ini.

Setelah berapa lama Anda merasa perlu mengganti cat dinding? Setahun, dua tahun, atau ketika cat dinding yang lama sudah pudar atau kotor? Sekian tahun lalu, Anda mungkin akan melontarkan jawaban seperti ini. Tapi sekarang, Anda bisa mengganti cat dinding kapan saja Anda inginkan, kapan saja Anda merasa bosan dengan suasana rumah di rumah.

Tidak harus menunggu momen atau menunggu kondisi dinding rusak, baru Anda mengganti catnya. Namun, masalahnya banyak orang beranggapan, memilih warna cat dinding itu sangat sulit. Lantas bagaimana caranya supaya Anda tidak salah pilih? Saat ini banyak orang memiliki kecenderungan cepat merasa bosan dan selalu membutuhkan sesuatu yang baru.

Dulu, bila orang menemukan satu tempat rekreasi yang nyaman, maka ada kecenderungan ia akan kembali ke tempat tersebut berulangulang. Namun, sekarang orang cenderung mencari tempat yang berbeda, untuk mendapatkan suasana yang berbeda pula.

Suasana lingkungan yang baru dianggap dapat memberikan suasana hati yang baru juga. “Saat ini ada kecenderungan orang ingin mengubah-ubah tampilan rumah untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Salah satu cara mengubah suasana rumah adalah dengan mengganti warna cat dinding,” sebut desainer interior Rina Renvile.

Seperti kita tahu, warna memiliki efek psikologis terhadap sebuah ruangan. Karena itu, mengganti warna cat dinding dapat memberikan nuansa yang berbeda pada sebuah ruang tanpa harus kita tambahkan banyak ornamen pendukung.

“Bila tujuan kita mengubah warna cat dinding adalah untuk membangun suasana baru, tentukan dulu suasana apa yang kita ingin hadirkan di rumah. Apakah suasana romantis, hangat, atau suasana natural layaknya di pedesaan. Semua tergantung pemilihan warnanya,” ujar Rina.

Banyak orang yang bingung ketika harus memilih warna cat dinding. Kadang ada rasa khawatir takut salah pilih warna atau tidak sesuai dengan harapan.

Karena rumah adalah wakil dari ekspresi diri kita, pilihan yang kurang pas bisa mendatangkan rasa tidak percaya diri. Belum lagi kalau mau menyesuaikan dengan tren warna masa kini, pastinya kita akan semakin bingung dibuatnya. “Pada dasarnya tidak ada warna bagus atau warna jelek.

Cara yang paling mudah adalah pilihlah warna apa pun yang kita suka. Bila kita menyukai warna yang kita pilih, tentunya kita akan merasa nyaman berada di dalam ruangan tersebut,” saran Rina. Bagaimana bila dalam sebuah keluarga, setiap anggota memiliki warna favoritnya masing-masing?

Jangan bingung, Anda dapat mengaplikasikan warna kesukaan masing-masing anggota keluarga di ruangan yang berbeda. Misalnya saja, bila ibu menyukai warna biru, bisa diterapkan di area dapurnya. Jika Ayah lebih sering menonton, maka bisa menerapkan warna favoritnya di ruangan tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih warna yang pas dengan ruangan, carilah jenis cat yang memiliki ragam variasi warna yang pas. Contohnya, seperti Dulux yang saat ini telah menghadirkan 10 warna favorit Indonesia. Warnawarna ini tidaklah muncul begitu saja, melainkan dipilih berdasarkan warna paling disukai oleh orang Indonesia.

Setelah dipilih satu warna tertentu, sering kali muncul kekhawatiran ruang akan tampak monoton. Untuk menghindari permasalahan ini, Anda dapat memadukan dua atau tiga warna sekaligus. Bagaimana? Tertarik untuk mengubah cat dinding rumah Anda?
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4220 seconds (0.1#10.140)